Friday, July 15, 2016

Pedan - Klaten

Pedan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Kecamatan Pedan berbatasan dengan:
Ekonomi berpusat di Pasar Pedan, yang telah dibangun secara modern pada tahun 2011. Pasar ini mempunyai hari pasaran wage, dan akan memuncak pada hari Minggu Wage. Juga terdapat pasar di Temuwangi dan di Keden
Sejumlah bank telah membuka unit/capem disini, antara lain : BRI, Bank Jateng, BNI 1946; dan terdapat beberapa jaringan ATM antara lain : BRI, BNI, Mandiri dan BCA.
Terdapat beberapa sekolah setingkat dasar dan menengah, antara lain : SD : 1. SD N 1,2,3 Sobayan Pedan 2. SD N 1,2,3 Keden Pedan 3. SD N 1,2 Bendo Pedan 4. SD N 1,2 Jetiswetan 5. SD N 1,2,3 Tambakboyo 6. SD N 1 Kedungan Pedan 7. SD N 2 Lemahireng Pedan
SMP/SLTP : 1. SMP N 1 Pedan 2. SMP N 2 Pedan 3. SMP N 3 Pedan
SMA/SMK : 1. SMEA Negeri Pedan 2. SMK PGRI Pedan 3. SMA Muhammadiyah 10 Pedan


Hampir tidak ada wisata alam di Kecamatan Pedan, hanya terdapat beberapa umbul (kolam mata air) yang terdapat di Desa Kedungan, ada salah satu tempat wisata baru di pedan yaitu kolam yag terjadi karena adanya tambang tanah yang terdapat di troketon, Pedan. yang sekarang dimanfaatkan sebagai wisata untuk para penggemar mancing.


Kebanyakan wisata disini adalah wisata kuliner yang banyak terdapat di sekitar Pasar Pedan yang bisa anda jumpai dari pagi sampai pagi berikutnya. Dan untuk yang hobi wedangan banyak hik yang tersebar di sepanjang jalan dan gang di desa - desa se-kecamatan Pedan. Di Pedan juga terdapat lapangan yaitu lapangan Gelora Pedan yang sangat ramai di hari malam minggu sebagai tempat nongkrong para anak muda.



PariwisataKlaten.com – Tari Luyung mungkin masih jarang anda dengar. Tari Luyung ini adalah tarian kreasi baru yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Kata “Luyung” adalah sebuah akronim dari kata Lurik dan Payung. Disebut seperti itu karena dalam tarian ini menggunakan properti Payung dan penarinya mengenakan pakaian Lurik. Inilah tarian yang berfungsi untuk hiburan, tetapi juga sebagai identitas warga Klaten Jawa Tengah. Sebagian besar properti yang digunakan adalah hasil dari industri rumahan yang terkenal dari Kabupaten Klaten.

Payung : payung yang digunakan adalah payung yang dibuat oleh pengrajin di kecamatan Juwiring. Lurik : merupakan kain khas dari Klaten yang dibuat oleh pengrajin di kecamatan Pedan
Tarian ini terdiri dari beberapa gerakan yang sederhana. Namun pada bagian tengah tarian ini terdapat serangkaian gerakan yang menunjukkan cara-cara pembuatan kain lurik, yang disimbolkan secara sederhana, mulai dari pemintalan benang, penjemuran, sampai dengan melipat dan menyimpannya.

Salah satu komoditi andalan di Kecamatan Pedan adalah kain Lurik. yang sudah terkenal seluruh Nusantara. dan di sebagian daerah di Indonesia Lurik dijadikan sebagai Baju khas untuk beberapa instansi mereka.



(Sumber: Wikipedia.com, google.com)



0 komentar:

Post a Comment